Breaking News

Posisi kaki yang tepat agar tetap aman berkendara motor Matic


                                                                              JN, BANDA ACEH - Keseimbangan menjadi proses yang mutlak diperlukan saat menjalankan sepeda motor, dimana dua roda segaris  yang menjadi tumpuan ke jalan memerlukan gerak aktif tubuh si pengendara agar bisa stabil berjalan sesuai arah yang dituju.

Menurut Sdr. Reza Novendri selaku Instruktur Safety Riding dari Capella Honda “setiap rancangan sepeda motor punya desain ergonomis, dimana titik tumpu keseimbangan terhadap posisi tubuh pengendara harus di sesuaikan kembali saat kita diatas sepeda motor, hal ini sangat di pengaruhi oleh letak posisi kaki sebagai anggota tubuh yang mengatur keseimbangan saat proses berkendara.

Dengan beragamnya kini pilihan type sepeda motor Matic serta menawarkan rancangan yang memungkinkan si pengendara dapat berpindah di 3 ( Tiga ) step menapak posisi kaki di lantai dasar pada DEK sepeda motor, Nah…berikut mari kita ulas setiap konsekuensi dari letak posisi kaki yang berpengaruh pada keseimbangan saat berkendara : 

 1. Telapak kaki condong ke belakang, walaupun dengan kondisi kaki tertekuk namun keseimbangan yang didapat saat berkendara sangat baik karena membentuk segitiga siaga ideal (ride on position) dalam konsep keseimbangan tubuh berkendara, posisi ini cocok diaplikasikan di berbagai tingkat kecepatan dengan kondisi jalanan kota serta situasi macet serta jalan & licin.

2. Telapak kaki di posisi tengah, posisi ini umumnya banyak diaplikasikan oleh sejumlah pengendara , dengan posisi tersebut kaki tetap rileks serta keseimbangan yang didapat masih relatif baik , posisi ini cocok diaplikasikan saat kecepatan menengah serta kondisi jalanan yang relatif lancar.

 3. Telapak kaki lurus ke depan, dalam posisi ini tingkat siaga keseimbangan paling rendah namun efek lain yang dihasilkan berupa kaki sangat rileks akibat aliran darah lancar tidak tertekuk (leasure position), posisi ini cocok diaplikasikan saat kecepatan menengah dengan kondisi jalan yang lancar bebas hambatan, sekaligus  mengurangi efek kaki pegal saat melakukan perjalanan yang relatif jauh.

Semoga menambah pemahaman kita semua dalam menentukan sikap yang tepat dan aman saat berkendara di jalan.

Tidak ada komentar