Breaking News

Ketua HIPSI Aceh, Muhammad Balia Resmi Dilantik


JN, BANDA ACEH - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) Aceh, Muhammad Balia dilantik secara langsung oleh Ketua Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) Pusat, Gus Sulaiman.


Kegiatan pelantikkan ini berlangsung di Hermes Palace Hotel Banda Aceh, Rabu (30/08/2022) malam secara khidmat yang juga tampak turut dihadiri PJ Walikota Banda Aceh, Anggota Dewan DPR Aceh, Ketua PAS Pusat didampingi Ketua DPW PAS Aceh, Kepala Dayah se- Aceh dan seluruh anggota HIPSI Aceh.


Hadir juga dalam kegiatan pelatikan Ketua HIPSI Aceh yakni, Ketua MPU Aceh Abu Faisal, Tgk Daud Hasbi, Tgk H Tu Bulqaini Tunjungan, Tgk Muhibuddin, Tgk Umar Rafsanjani, Abuya Habibi, PCNU Banda Aceh Tgk Rusli Daud dan Ketua Huda Aceh Tu Sop Jeunib hadir secara virtual


Dalam sambutannya, Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki yang hadir diwakili oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Aceh, Azhari mengatakan, kehadiran Ketua HIPSI Aceh sangat menginspirasi dunia ekonomi dimana sebagai CEO MBA Corporation dapat menjadi contoh bagi santri dayah dalam mengembangkan ide kreatifnya dibidang meningkatkan perekonomian saat modern ini yang semaking canggih agar tidak ketinggalan dalam menjalankan bisnis baik usaha kecil-kecilan terlebih dahulu dapat lebih ditingkatkan lagi dengan adanya antar hubungan kerjasama bersama Hipsi Aceh dan Kalangan Dayah di Aceh.


"Pelaku usaha ekonomi kreatif yang memiliki ide gagasan luas dapat mampu mendidekari santri dayah dalam mendongkrak dari mulainya diri sendiri untuk lebih giat lagi dan bahkan dorongan agar lebih meningkatkan taraf pemasukkan ekonomi juga perlu adanya dorongan dari beberapa pihak hal yang wajar sambil mencari pengalaman juga sebagai kemauan sendiri juga sebagai perhatian Pemerintah Aceh juga untuk ikut dapat berperan melirik santri yang memiliki kemampuan guna meningkatkan perokomiannya," ujarnya.


Ia katakan, Pemerintah Aceh sangat mengapresiasi berlangsungnya pelantikkan Ketua HIPSI Aceh, Muhammad Balia yang baru dengan harapan amanah dalam menjalankan tugasnya kedepan dapat terus stabil dan lebih menambah ide-ide kreatif barunya untuk lebih memantapkan santri dayah yang ada di Aceh agar dapat bangkit dan memiliki peranan yang sangat diyakini mampu mendongkrak segala program yang sudah di susunnya lebih baik lagi kedepannya. 


Ketua Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) Pusat, Gus Sulaiman juga menyampaikan, Alhamdulillah berlangsungnya pelantikkan Ketua HIPSI Aceh sudah berjalan dengan sesuai rencana, pertemuan ini sangat penting jadi kita harus terus saling ketemu agar kita bisa kenal karena itu kuncinya agar bisnisnya berjalan sehingga kedepannya dapat diadakan kegiatan pelatihan maupun sosialisasi lainnya untuk spiritnya dalam perbedaan bisnisnya dan agar kedepannya dapat saling memberikan masukkan satu sesama lainnya sesama anggota HIPSI Aceh bersama Kepala Dayah bahkan santrinya Dayah di Aceh yang minatnya dalam berbisnis maupun membuka usaha apapun terpenting sangat cukup membutuhkan organisasi agar rangkul bersama.


"Seluruh anggota HIPSI Aceh agar dapat membuka lebar sayapnya untuk saling bekerjasama terus dengan Pemerintah Aceh dan Kalangan Dayah bersama santri agar lebih memperkuat potensi usaha maupun dunia bisnisnya santri lebih mendongkrakkan dalam menambah perekonomian dari sejak usia generasi muda dapat menjadi sukses kedepannya dalam mengelola dan saling melengkapi sehingga sama persepsinya untuk kebaikkan dunia dan akhirat yang perlu terutama Ahlak dengan menyayangi, menyantuni dan kebaikkan rezeki bahkan ilmu lebih baik berbagi karena lahirnya Nabi Muhammad SAW ini mengajarkan saling menyayangi dan tolong menolong sesama manusia tanpa pilah pilih dalam hidup di dunia ini," ujarnya.


Sementara itu, Ketua HIPSI Aceh, Muhammad Balia mengatakan, kehadiran HIPSI di Aceh bukan hanya untuk sekedar menguatkan roda perekonomian di Aceh. HIPSI hadir untuk memompa semangat santri agar terus berusaha membangun Aceh lebih maju.

Pasca pelantikan, HIPSI Aceh akan segera menyusun sejumlah program kerja diantaranya melahirkan HIPSI Koperasi, HIPSI ngaji bareng santri dengan tema wirausaha dan melahirkan HIPSI go to Dayah se- Aceh.

Balia yang merupakan CEO MBA Corporation ini akan memanfaatkan media sosial untuk membranding HIPSI Aceh. Seluruh santri yang memiliki usaha di Aceh dapat bergabung dengan HIPSI Aceh.

“Merk atau logo usaha akan kita branding dalam website hipsiaceh.com, jadi semua masyarakat akan lebih familiar dengan usaha para pengurus HIPSI Aceh,” ujar Balia.

Teknologi informasi akan menjadi jalan HIPSI mengembangkan potensi usaha para santri. Dengan adanya komitmen bersama mulai tingkat Pusat, Provinsi hingga ke Kabupaten/Kota maka kebangkitan UMKM santri di Aceh bukan sebuah hal mustahil.

“Kami menaruh harapan besar pada para santri, khususnya di 23 Kabupaten/Kota se-Aceh dalam bidang wirausaha. Selain di bidang bisnis, para santri juga dapat berperan dalam pengembangan koperasi di pondok pesantren,” jelas Muhammad Balia.(Putri Ulan & sumber : Sinar Aceh)

Tidak ada komentar