Breaking News

Tingkat Life Skill Siswa, SMAN 1 Penanggalan Jalin Kerjasama


JN, SUBULUSSALAM - Untuk meningkatkan kualitas lulusan, SMA Negeri 1 Penanggalan mengoptimalkan program sekolah dengan melanjutkan program sekolah penguatan ekskul yang berbasis life skill. Program ini sebelumnya juga telah di musyawarahkan dengan warga sekolah.

Kepala SMA Negeri 1 Penanggalan, Syamsul Bahri, S.Pd. M.Pd  mengatakan untuk tahun ajaran  2022 – 2023, pihaknya menambah keahlian life skill pengetahuan menjahit, mengelas bahkan merakit komputer. 


“Kami juga bekerja sama dengan SMK yang ada di Kota Subulussalam dalam hal bimbingan life skill. Kemudian mereka dibimbing oleh tentor yang ada di SMK serta melanjutkan kerja sama bimbingan keahlian tata cara masuk sekolah kedinasan dan TNI / Polri oleh Kodim 0118 Kota Subulussalam,” tuturnya.


Syamsul Bahri menambahkan pihaknya melakukan penandatanganan kerjasama dalam hal meningkatkan keahlian siswa dan siswi SMA Negeri 1 Penanggalan. Supaya setelah tamat dari sekolah nantinya, mereka bisa bekerja mandiri dan masuk ke perguruan tinggi sesuai dengan keahliannya. 


Adapun Lembaga dan sekolah yang dilakukan kerja sama yaitu Kodim 0118 Kota Subulussalam melalui oleh Dan Pos Koramil Penanggalan, Peltu. JRB Saragih yang membimbing siswa dalam hal pelatihan tata cara masuk sekolah kedinasan dan TNI/POLRI.


“Kemudian SMK Negeri 1 Simpang Kiri membantu dalam hal bimbingan Life Skill mengelas, SMK Negeri 2 Simpang Kiri membantu dalam hal bimbingan Life Skill menjahit serta pembinaan dan penguatan TIK dibimbing oleh lembaga Dubia Digital Service,” ujarnya.


Syamsul menjelaskan bahwa program ekstra kurikuler yang didasari life skill ini bertujuan untuk mendukung dan menambah keahlian diri bagi siswa-siswi SMA Negeri 1 Penanggalan yang berguna untuk persiapan memasuki sekolah kedinasan dan TNI / Polri. 


“Siswa dan siswi SMA Negeri 1 Penanggalan hampir 60 persen berlatar belakang ekonomi menengah kebawah, sehingga dengan bimbingan ekskul mengelas, menjahit dan merakit komputer diharapkan mereka dapat bekerja sambil berkuliah demi memenuhi kebutuhan sehari-hari,” harapnya.


Ia melanjutkan sSehingga tidak ada lagi siswa yang takut untuk kuliah dikarenakan masalah finansial di karenakan meraka telah memiliki penghasilan pada saat kuliah dan didukung upaya kepala sekolah untuk mencarikan beasiswa bagi siswa dan siswi SMA Negeri 1 Penanggalan.

Tidak ada komentar